Selasa, 25 Oktober 2011

Gempa Besar di Turki, diperkirakan 1000 orang Meninggal

Gempa Besar di Turki, diperkirakan 1000 orang Meninggal


Diposting pada Ahad, 23-10-2011 | 22:47:59 WIB
Sebuah gempa berkekuatan 7,2 SR melanda timur Turki hari Ahad. Akibatnya puluhan bangunan runtuh. Situs AP melansir banyak korban yang terdengar meminta tolong dari dalam puing-puing bangunan.

Televisi negara Turki melaporkan paling tidak pada laporan awal 45 orang tewas dan 150 lainnya terluka di kota timur Ercis. Namun para ilmuwan memperkirakan bahwa terdapat 1000 orang yang telah tewas akibat gempa ini, karena standar perumahan yang rendah di daerah yang dilanda gempa tersebut.

Ercis adalah kota dengan penduduk 75.000, yang berada di propinsi Van dekat dengan perbatasan Iran. Sudah 30 bangunan yang dilaporkan rubuh di Ercis, termasuk asrama dan 10 bangunan, kata Wakil Perdana menteri Besir Atalay.

Kerusakan parah dan korban juga dilaporkan di distrik Celebibag di dekat Ercis. Rumah-rumah juga runtuh di propinsi Bitlis, dimana setidaknya terdapat satu gadis berusia 8 tahun tewas, kata pihak berwenang. Gempa juga merobohkan menara-menara masjid di propinsi dekat Mus.

Gempa terburuh yang pernah dialami Turki terjadi pada tahun 1939 di kota Erzincan, dimana musibah itu menyebabkan 160.000 orang meninggal dunia. [muslimdaily.net/AP]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Ratings and Recommendations

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Free WordPress Themes | Blogger Theme by Lasantha - Premium Blogger Templates | Affiliate Network Reviews